HUMAN RELATION
Pengertian Human Relation
Human Relation merupakan salah satu
fungsi manajemen, yang bertujuan untuk mengembangkan hubungan baik antara
lembaga atau organisasi dengan publiknya, mengevaluasi prilaku public, dengan
membuat perencanaan, kebijakan-kebijakan, menggunakan komunikasi yang jelas
agar public dapat memahami dan menerima rencana atau program yang sudah dibuat.
Pada
dasarnya humas adalah :
1. Merupakan
kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh kepercayaan dari publik atau masyarakat.
2. Memiliki
sasaran untuk menciptakan opini public yang bisa diterima dan menguntungkan
semua pihak.
3. Merupakan
unsur pentingdalam manajemen guna mencapai tujuan sesuai dengan harapan
perusahaan.
4. Untuk
menciptakan hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan publiknya baik
internal maupun eksternal.
Humas mempunyai
tiga macam arti, yaitu :
1. Memberi
informasi kepada masyarakat.
2. Mengubah
sikap dan tingkah laku masyarakat.
3. Mengsinerjikan
sikap dan perbuatan masyarakat dengan perusahaan.
Empat
unsur filsafah humas, yaitu :
1. Humas
merupakan salah satu filsafah manajemen yang bersifat sosial.
2. Humas
merupakan perwujudan dari filsafah kebijakan.
3. Humas
merupakan komunikasi dua arah yang saling menunjang, menginformasikan,
mempertahanan dan mempromosikan kepada konsumen sehingga terciptanya saling
pengertian.
4. Humas
merupakan cara pendekatan untuk menciptakan opini politik.
Persyaratan dasar seorang Human Relation, yaitu :
1.
Memiliki kemampuan untuk mengamati,
menganalisis persoalan-persoalan yang terjadi.
Seorang
Human Relation harus memahami masalah-masalah yang terjadi. Dia harus bisa
mengamati dan menganalisis masalah tersebut, apa yang menyebabkan dan bagaimana
jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi tersebut.
2.
Memiliki kemampuan untuk menarik
perhatian.
Kemampuan
untuk menarik perhatian publik atau masyarakat sangatlah dibutuhkan oleh
seorang Human Relation agar bisa dipercayai. Karena seorang Human Relation
harus memberi informasi kepada masyarakat, mengubah sikap dan tinggkahlaku
masyarakat dan mensinerjikan sikap dan perbuatan masyarakat dengan perusahaan. Jika
ia sudah mampu untuk menarik perhatian orang-orang disekitarnya maka ia sudah
bisa menjadi seorang Human Relation.
3.
Memiliki kemampuan mempengaruhi publik
atau masyarakat.
Mempengaruhi
publik atau masyarakat harus bisa dilakukan oleh seorang Human Relation, sebab
jika publik atau masyarakat sudah terpengaruh maka seorang Human Relation akan
lebih mudah untuk mencapai tujuan sesuai dengan harapan perusahaan.
4.
Mempunyai kemampuan untuk menjalin
hubungan baik.
Seorang
human Relation harus bisa menjalin hubungan baik, baik dengan perusahaan maupun
dengan publik atau masyarakat karena seorang Human Relation merupakan
komunikasi dua arah yang saling
menunjang, menginformasikan, mempertahankan dan memproomosikan kepada konsumen
sehingga terciptanya saling pengertian.
Kesemua ini adalah untuk membantu dalam
melaksanakan fungsi Human Relation, hal ini memerlukan suatu proses yang
panjang yang berguna untuk menemukan strategi dalam mengatasi problema yang
muncul di dalam masyarakat atau konsumen.
Tugas seorang Humas ialah :
1.
Menyelenggarakan dan bertanggung jawab
atas penyampaian informasi baik secara lisan, tertulis maupun melalui
gambar-gambar, supaya konsumen memiliki pengertian dan tujuan dari perusahaan
tersebut.
2.
Memonitor, merekam dan mengevaluasi
tanggapan dari konsumen.
3.
Memperbaiki citra organisasi atau
perusahaan.
4.
Memiliki tanggung jawab sosial.
5.
Komunikasi timbal balik.
Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh Human
Relation, yaitu :
1.
Menetapkan tujuan organisasi atau
perusahaan secara jelas.
Human
Relation harus menentukan dan menetapkan tujuan organisasi atau perusahaan
secara jelas, karena semua pekerjaan yang dilakukan ialah untuk mencapai suatu
tujuan. Jika tujuannya jelas maka akan memudahkan karyawannya untuk bekerja
sesuai dengan tujuan organisasi atau perusahaan tersebut.
2.
Menggunakan komunikasi yang jelas dan
etis.
Komunikasi
yang digunakan haruslah jelas dan etis, sebab jika kita menggunakan komunikasi
yang kurang jelas maka kawan bicara kita akan lebih sulit untuk memehami
apa-apa yang sedang kita informasikan. Tunjukkanlah bahwa kita seorang yang
punya wawasan dengan berkomunikasi secara jelas dan etis.
3.
Membuat konsep kualitas produk yang
ditawarkan.
Seorang
Human Relation harus bisa memikirkan dan menciptakan produk-produk apa saja
yang akan ditawarkan kepada konsumen, produk yang disenangi dan bisa diterima
baik oleh publik dan masyarakat. Maka dari itu perlu dibuat konsep kualitas
produk yang akan ditawarkan.
4.
Produk yang dikeluarkan benar-benar
dibutuhkan.
Seperti
yang dijelaskan diatas tadi, produk yang akan dikeluarkan atau dipasarkan oleh
suatu organisasi atau perusahaan harus disenangi dan benar-benar dibutuhkan
oleh konsumen sehingga akan bisa diterima baik di masyarakat.
5.
Meminta nasehat dan pengarahan dari
pimpinan agar visi dan misi organisasi atau perusahaan dapat dicapai.
Suatu
organisasi atau perusahaan pastinya memiliki visi dan misi yang harus dicapai,
maka tidak ada salahnya jika seorang Human Relation meminta nasehat dan
pengarahan kepada pimpinan tentang apa-apa saja yang akan dilakukan,
kemungkinan-kemungkinan apa saja yang akan terjadi dan cara-cara mengatasinya.
6.
Memberi kesempatan kepada pimpinan
maupun anggota organisasi atau perusahaan untuk memberikan ide-ide baik berupa
usulan maupun kritik yang sifatnya membangun.
Ide-ide
dari pimpinan maupun anggota organisasi atau perusahaan baik berupa usulan
maupun kritikan yang sifatnya membangun tidak ada salahnya didengar. Karena
dari usulan dan kritikan anggota lain, kita bisa mengetahui dimana kekurangan
dan kesalahan dan hal-hal apa saja yang akan dilakukan kedepannya.
7.
Harus mampu mendengarkan, memperhatikan,
menghargai, mempercayai ide-ide, usul dan saran maupun keluhan dan kritikan.
Sebagai
seseorang yang berhubungan langsung dengan
publik dan masyarakat, maka kita harus mampu mendengarkan,
memperhatikan, menghargai, mempercayai ide-ide, usul dan saran maupun keluhan
dan kritikan dari pihak lain. Karena dengan begitulah kita bisa tingkatkan kualitas
produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Kita akan bisa mengetahui hal-hal
apa saja yang disukai dan tidak disukai oleh publik atau masyarakat.
Ada dua macam
komunikasi di dalam Humas, yaitu:
1.
Komunikasi internal
Yaitu
komunikasi yang dilakukan di dalam organisasi suatu perusahan.
2.
Komunikasi eksternal
Yaitu
organisasi yang dilakukan di luar organisasi suatu perusahaan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam komunikasi internal dan eksternal, yaitu :
1.
Hendaklah bersikap simpatik.
2.
Tunjukkan kita bisa dipercaya.
3.
Bertindak sebagai pembimbing.
4.
Kemukakan fakta dan kebenaran dengan
sejujur-jujurnya.
5.
Berbicaralah dengan gaya mengajak bukan
dengan nada menyuruh.
6.
Jangan bersikap super.
7.
Jangan mengkritik dengan kritikan yang
tidak jelas atau tidak sopan.
8.
Berbicaralah dengan meyakinkan kawan
bicara.
Hambatan-hambatan
dalam komunikasi, yaitu :
1.
Komunikasi kurang mampu menyampaikan
konsep berfikir yang akan diberikan atau disampaikan.
Jika
dalam berkomunikasi kita kurang mampu menyampaikan konsep berfikir maka
komunikasi yang sedang dilakukan tidak akan efektif dan akan lebih sulit
dipahami.
2.
Komunikasi hanya berfikir untuk dirinya
sendiri.
Jika
dalam komunikasi kita hanya berfikir untuk diri kita sendiri maka komunikasi
akan terhambat karena hanya kita yang memahami tanpa dipahami oleh orang lain.
3.
Komunikasi berbicara dengan penuh
rahasia yang disampaikan dalam waktu yang kurang tepat.
Jika
informasi yang akan disampaikan ialah sebuah rahasia maka kita harus bisa
menyampaikannya dengan sangat hati-hati dan pastikan dalam kondisi atau waktu
yang tepat.
4.
Tanpa memberikan penjelasan.
Informasi
yang disampaikan haruslah disertai
penjelasan yang masuk akal dan bisa dipahami kawan bicara, sebab jika tidak
disertai alasan maka komunikasi akan terhambat karena akan lebih sulit dipahami
kawan bicara.
5.
Komunikator bersikap diktator.
Sebagai
seorang yang menyampaikan informasi maka janganlah kita bersikap diktator,
karena kawan bicara kita tidak akan menyukainya, dan jika hal tersebut masih
dilakukan oleh pemberi informasi maka akan menghambat komunikasi tersebut.
6.
Komunikator tidak mempunyai perasaan
sebagai teman atau sahabat.
Seorang
komunikator yang tidak mempunyai perasaan sebagai teman atau sahabat kawan
bicaranya maka akan mengkambat komunikasi yang sedang berlangsung. Sebab kawan
bicara akan merasa bosan dan tidak akan
menerima dengan baik informasi-informasi yang sedang disampaikan komunikator.
Sebaiknya anggaplah kawan bicara kita sebagai teman atau sahabat.
7.
Komunikatornya lambat, tidak efisien,
terlalu cepat mengambil keputusan.
Seorang
komunikator yang lambat, tidak efisien atau terlalu cepat mengambil suatu
keputusan juga akan menghambat komunikasi tersebut. Sebaiknya seorang
komunikator harus benar-benar memikirkan keputusan apa yang terbaik.
8.
Tidak konsekuen dan tidak punya
alternatif.
Komunikator
harus konsekuen terhadap apa yang telah disampaikannya dan jika ada masalah
yang sedang dihadapi sebaiknya menyediakan alternatif pemecahan masalah
tersebut agar bisa dipilih keputusan yang terbaik yang akan diambil.
Ada tiga hal untuk membangkitkan perhatian
konsumen di dalam suatu perusahaan yang merupakan keharusan, yaitu :
1.
Menempatkan opini publik atau konsumen
merupakan faktor utama bagi perkembangan perusahaan.
2.
Opini publik atau konsumen tersebut
dianalisis bersama-sama pimpinan dan karyawan di dalam perusahaan.
3.
Setelah dianalisis ciptakanlah strategi
dan struktur perusahaan untuk membentuk manajemen perusahaan tersebut.
Bentuk-bentuk komunikasi, yaitu :
1.
Komunikasi Personal
Yaitu
komunikasi dengan diri sendiri yang dampaknya hanya dirasakan oleh diri
sendiri.
2.
Komunikasi Interpersonal
Yaitu
komunikasi dengan orang lain yang dampaknya dapat dirasakan pada saat itu juga
oleh pihak yang terlibat.
3.
Komunikasi melalui media massa
Yaitu
komunikasi yang dampaknya bisa pada saat itu juga, bisa beberapa waktu
kemudian.
Di dalam komunikasi internal terdapat
hubungan-hubungan yang harus dibina, yaitu :
a.
Hubungan dengan pimpinan atau pemegang
saham
b.
Hubungan dengan karyawan
c.
Hubungan dengan keluarga karyawan
d.
Hubungan komunikasi dengan kolega
perusahaan
Tujuan dari Humas atau PR adalah :
1.
Untuk mengubah citra umum dimata
masyarakat karena adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan oleh perusahaan.
2.
Untuk meningkatkan kualitas calon karyawan.
3.
Untuk menyebarluaskan citra perusahan
kepada masyarakat konsumen untuk
mendapatkan pengakuan.
4.
Untuk memperkenalkan perusahaan kepada
masyarakat luas atas konsumen dan untuk membuka pangsa pasar baru
5.
Untuk mempersiapkan usaha saham dan
untuk menerbitkan saham baru atau saham tambahan.
6.
Untuk memperbaiki hubungan antar
perusahaan dengan masyarakat atau konsumen jika terjadi kesalahpahaman yang
baik dari perusahaan.
7.
Untuk mendidik konsumen agar mereka
lebih selektif dalam memilih suatu produk.
8.
Untuk meyakinkan masyarakat agar
perusahaan mampu bertahan walaupun kondisinya kritis.
9.
Untuk mempertahankan perusahaan dalam
hal pengambil alihan oleh pihak lain.
10.
Untuk menyebarluaskan informasi mengenai
aktivitas baru dari perusahaan.
11.
Untuk menuntun perusahaan sebagai
sponsor suatu acara.
MACAM-MACAM HUMAS
1.
HUMAS PEMERINTAHAN
Humas
pemerintahan pada dasarnya tidak bersifat politis. Bagian humas di institusi
pemerintahan dibentuk untuk mempublikasikan atau mempromosikan
kebijakan-kebijakan mereka.
Tugas
pemerintah memang sangat berat, sebab masyarakat yang dihadapi terdiri dari
berbagai publik dengan kepentingan yang sangat kompleks pula. Hal ini memang
tidak lepas dari karakteristik yang melekat dalam setiap program/kegiatan
pemerintah, antara lain sebagai berikut.
1.
Program pemerintah ditujukan untuk
masyarakat luas. Dengan berbagai latar belakang, karakter, ekonomi, pendidikan
(intelejensi) yang beragam.
2.
Seringkali hasilnya abstrak, yang sulit
dilihat dalam waktu dekat, bahkan dalam jangka yang panjang sekalipun, karena
sifatnya yang integral dan berkesinambungan.
3.
Program pemerintah selalu mendapat
controlling/pengawasan dari berbagai kalangan, terutama pers, lembaga swadaya
masyarakat (LSM), dan sebagainya.
2.
HUMAS INDUSTRI DAN BISNIS
Humas
industri dan bisnis telah diterima oleh perusahaan-perusahaan besar. Humas di
sana merupakan fungsi manajemen yang turut menentukan suksesnya operasi suatu
perusahaan. Humas industri tidak dapat dilepaskan dari prinsip ekonomi. Sebab
industri dan bisnis memiliki orientasi pada keuntungan (profit oriented). Dengan demikian, humas industri hendaknya
memiliki suatu daftar prioritas, sehingga sumber daya yang tersedia dapat
disediakan seefisien mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Bila
dirinci lebih jauh lagi, beberapa hal yang berpengaruh terhadap kehidupan dan
operasional industri dan perdagangan adalah sebagai berikut.
1.
Persamaan hak dan kesempatan untuk
mendapatkan pekerjaan bagi masyarakat, memunculkan undang-undang dan peraturan
pemerintah yang menjadi pedoman untuk mencari dan memberi kesempatan kepada
golongan-golongan tertentu.
2.
Kesehatan, keselamatan, dan
kesejahteraan pekerja. Peraturan-peraturan dan hukum yang tidak merugikan
pekerja dan liputan pers tentang pelanggaran-pelanggaran, sangat mempengaruhi
program-program perusahaan untuk para karyawannya.
3.
Perlindungan terhadap investor.
Perlindungan terhadap investor melalui peraturan wajib lapor, merupakan sisi
positif yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menahan investor,
mempengaruhi calon investor potensial.
4.
Kontrol kualitas dan keamanan atas
produk-produk dan pelayanan dengan keuntungan yang memadai.
5.
Integritas manajemen. Meningkatnya
perhatian masyarakat terhadap perilaku bisnis perusahaan-perusahaan industri,
terutama interaksi mereka dengan pemerintah dan struktur politik, serta
komunitas menjadikan perusahaan berhati-hati memutuskan hal-hal yang berkaitan
dengan KKN.
6.
Pertahanan nasional, konservasi dan
perlindungan sumber alam, serta perlindungan lingkungan adalah hal-hal yang
sangat berpengaruh terhadap dunia industri.
7.
Hak Asasi Manusia. Pelanggaran hak asasi
manusia merupakan alas an yang sering digunakan untuk menjatuhkan sebuah
bisnis, menurunkan nilai investasi bahkan pembatalan investor yang sangat
menopang kehidupan industri dan bisnis.
8.
Hak untuk mendapatkan
keterangan/informasi. Meningkatnya arus informasi yang cepat mengakibatkan
makin luasnya kesepakatan bahwa masyaratkat mempunyai hak untuk mendapatkan
informasi, terutama mengenai keputusan-keputusan atau tindakan yang akan
membawa dampak atau mempengaruhi masyarakat.
3.
HUMAS SOSIAL
Humas Penegak Hukum
Termasuk
dalam hal ini humas yang berada dalam kepolisian. Karena kepolisian telah
menjadi perhatian masyarakat dalam hubungannya terhadap kelompok minoritas, hak
warga Negara, penyalahgunaan obat bius, kejahatan-kejahatan yang menimpa
masyarakat, ketertiban umum, dan sebagainya. Singkatnya, penegak hokum perlu
mendengarkan dan tanggap terhadap kepentingan umum supaya mereka dapat membantu
masyarakat dengan baik.
Humas Organisasi Keagamaan
Organisasi-organisasi
keagamaan sekarang mulai menyadari pentingnya media massa untuk mencapai para
jamaah dan mempropagandakan doktrin-doktrin mereka.
Humas Profesi
Profesi
kedokteran, profesi pengacara, profesi wartawan, profesi artis, dan sebagainya,
juga tidak kalah dalam menggunakan pendekatan humas untuk berkomunikasi dengan
masyarakat.
Humas Organisasi Sukarela
Citra
organisasi sukarela sangat penting bagi kesuksesan baik dalam menarik dana
bantuan ataupun menjamin kerja sama dari para pekerja sukarela.
4.
HUMAS ORGANISASI INTERNASIONAL
Lahirnya
humas internasional disebabkan oleh adanya perubahan sangat cepat di dalam
segala bidang, misalnya perkembangan bidang pariwisata, bidang komunikasi,
transportasi, tukar menukar di bidang pendidikan seperti pertukaran dosen dan
mahasiswa, timbulnya masalah internasional dalam bidang ekonomi, politik, dan
sebagainya.
Humas
organisasi internasional menghadapi problem yang sama dengan orrganisasi
lainnya, namun medannya jauh lebih luas sehingga kebijakan dan teknik-tekniknya
harus disesuaikan dengan keadaan setempat.
3 komentar:
izin copy buat tugas boleh?
Ada referensinya gak?
Ka ini sumbernya dari mana ya kalo boleh tahu?karna untuk bahan tugas kuliah, thank you
Posting Komentar